Cocopeat

Cocopeat atau coco coir atau coco fiber adalah media tanam alternatif pengganiti tanah atau bisa juag sebagai campuran media tanam lainya karena cocopeat tidak bisa menjadi media tanam sendiri dikarenakan cocopeat tidak banyak mengandung unsur hara yang diperluakan oleh tanaman oleh karena itu perlu di gabungkan dengan unsurhara yang lain, cocopeat yang sering digunakan oleh para penggerak pertanian / pelaku pertanian karena memiliki daya atau kekuatan untuk menyimpan air lebihi lama, cocopeat terbuat dari serabut buah kelapa yang sudah di parut dan dicuci untuk menghindari jamur.

Cocopeat paling sering digunakan sebagai media tanam yang bagus untuk penyemaian, tapi memang cocopeat memerlukan perlakuan khusus sebelum digunakan sebagai media tanam karena cocopeat mengandung klor yang tinggi oleh karena itu kandungan klor yang tinggi ketika bereksi dengan air akan membentuk asam klorida dan ini tidak bagus untuk tanaman, oleh karena tanaman memerluka kondisi media tanam yang netral oleh sebab itu cocopeat perlu dibersihkan atau dicuci sampai bersih.

Media tanam cocopeat akan menjadi luar biasa bila di campur dengan pasir dan pupuk nutrisi untuk mengasilkan tanaman yang luarbiasa. ditambang ketika media tanam sudah di campur cocopeat maka tanaman sudah tidak perlu terlalu sering di siram untuk menghindari kelembababn yangberlebih karena cocopeat memiliki kemampuan menyimpan kelembaban air yang lama, oleh karena cocopeat memiliki kemampuan menyimpan kelembaban air yang lama maka jika terlalu sering disiram di khawatirkan akan menyebabkan fusarium atau busuk akan yang akan menyebabkan akar layu disiang hari.

Beberapa keunggulan cocopeat:
  1. Mudah di daur ulang setelah digunakan menjadi media tanam
  2. Mengandung daya serap air tinggi dan menyimpan kelembaban mediatanam lama
  3. Aman dari serangan hama yang ada di tanah karena hama yang berasal dari tanah tidak suka berada di media tanam cocopeat

Kekuarangan cocopeat:
  1. Cocopeat tidak memiliki unsur hara yang di butuhkan tanaman.
  2. Cocopeat tidak steril karena mengandung zat tanin, klor, klor yang tinggi ketika bereksi dengan air akan membentuk asam klorida dan ini tidak bagus untuk tanaman.


Komentar

Postingan Populer