Kenapa Hidroponik

Judul diatas merupakan beberapa keunggulan Hidroponik dari pertanian yang konvensional, dari pengalaman yang sudah dipelajari.

Disini hanya mengungkapkan apa yang sudah saya rasakan sebagai petani awam yang mencoba belajar bertani dan hanya membandingkan dari sisi pribadi saya sebagai pelaku dan melakukan perlakuan tanaman dengan aktifitas saya yang tidak terlalu berfokus 100% terhadap pertanian, karena masih memilika kesibukan yang lain sebagai Tenaga honorer di suatu instansi.

Ide untuk mengembakan pertanian disebabkan karena desakan kebutuhan hidup dan kebutuhan keluarga yang semakin kesini semakin berat dan memerlukan sampingan lain sebagai alat untung menghasilkan pendapatan sampingan.

Disini saya ungkapkan beberapa kriteria kenapa saya memilih bertani secara hidroponik, yaitu:

  1. Hidroponik itu cocok buat yang ingin bertani tapi tidak melelahkan dan tidak punya banyak waktu. Kenapa saya katakan demikian karena pertanian Hidroponik tidak membuat kita lelah seolah pertanian hidroponik memanjakan kita, mau musim apapun hidroponik tetap stabil tak ada perlakuan khusus ditiap musim. Semua dilakukan secara automatis, peengaturan pompa dapat kita sesuaikan kapan harus mengalir dan kapan harus berhenti mengalir dengan timer, kita tidak harus menyiram memikul air ke setiap tanaman, kita tidak perlu memikirkan pemupukan awal di tanah dalam kurun waktu tertentu pemupukan lagi, yang paling penting di hidroponik kita tidak perlu mencangkul mengolah tanah, atau membuat bedengan dan lain sebagainya.
  2. Di hidroponik kita tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan nutrisi tanaman
  3. Di Hidroponik kita benar benar menghemat air dan pupuk karena air benar benar disirkulasikan secara kontinyu dan nutrisi pun demikian sehingga tidak ada nutrisi yangdibuang sia-sia.
  4. Keberhasilan tanaman yang tumbuh ber produksi lebih terjamin
  5. Di hidroponik kita tidak perlu memikirkan kondisi lahan, lahan sempitpun bisa bertanam hidroponik, di atap rumah, di teras rumah, di dinding rumah dll.
  6. Dihidroponik tanaman akan bertahan lama ketika dipanen tidak mudah layu.

Komentar

Postingan Populer